Wisata di Sardinia Pulau Indah di Italia

Wisata di Sardinia Pulau Indah di Italia – Indonesia memiliki Bali yang terkenal dengan pantainya yang indah, dan Italia memiliki Sardinia. Sardinia terletak di antara Italia, Spanyol dan Tunisia. Setelah mengunjungi Milan di awal musim semi, pulau di Mediterania inilah yang melanjutkan perjalanan kami. Sardinia dapat dicapai dengan pesawat dari kota Roma atau Milan, mendarat di Cagliari. Ada juga kemungkinan pergi dari Milan ke Alghero. Penerbangan lebih dari satu jam. Tapi saya tidak terbang karena tujuan saya bukan Cagliari di ujung selatan Sardinia.

adriacoast.com – Tujuan saya adalah Sassari di ujung utara Sardinia. Sassari adalah nama kota sekaligus negara bagian. Bandara terdekat ke kota Sassari adalah di Alghero. Harga tiket pesawat saat itu sekitar 53 euro. Periksa jadwal feri Genoa Sardinia untuk harga yang sedikit lebih murah. Ada beberapa koneksi feri ke Sardinia. Jika datang dari Milan, rute yang paling cocok adalah dari Genoa. Saya juga membeli tiket feri ke Sardinia pada rute Genoa-Porto Torres yang dioperasikan oleh Tyrrhenia seharga €46,01 dan tiket pulang pergi seharga €47,77. Alasan saya suka naik feri adalah karena saya ingin merasakan wisata laut di Eropa. Feri berangkat pukul 20:30, tapi saya akan tiba di pelabuhan pada siang hari. Di pelabuhan Genova, penumpang harus melapor sebelum naik. Di pintu keberangkatan, penumpang akan diminta untuk menunjukkan tiket dan KTP atau paspor. Penduduk lokal hanya perlu menunjukkan ID mereka, tetapi turis asing diharuskan menunjukkan paspor mereka. Tidak banyak penumpang, jadi antreannya tidak panjang.

Baca Juga : Top 10 Pantai Terindah Di Eropa Yang Wajib Kamu Lihat

Menurut saya feri ini mirip dengan feri penumpang kecil Indonesia. Kapal-kapal itu sangat besar dan juga membawa kendaraan. Ini seperti kapal perni. Saat memasuki kapal, saya sedikit terkejut bahwa tangga menuju kabin bukanlah tangga biasa. Tapi eskalator. Ketika saya sampai di gubuk, saya bahkan lebih terkejut. Lobi mewah dan staf menyambut tamu. Penumpang harus check-in saat akan memasuki hotel. Ketika saya check in, saya diberitahu lokasi kamar sesuai dengan harga tiket yang dibeli. Tiket yang saya beli adalah yang termurah. Saya memiliki ruangan besar dengan ratusan kursi. Dengan demikian, tempat duduk didasarkan pada nomor kursi. Di sisi lain, penumpang yang membeli tiket dengan harga lebih tinggi akan diberikan kamar.

Untung penumpangnya sedikit. Di ruangan dengan ratusan kursi, Anda bisa menghitung jumlah penumpang dengan jari. Anda dapat dengan bebas memanipulasi kursi baris ketiga dan memperpanjang sandaran. Beberapa penumpang membentangkan kantong tidur mereka dan duduk telentang. Saya juga membuka lipatan kursi di depan kursi untuk tidur nanti. Perjalanan feri relatif lama. Sekitar 12 jam. Digunakan untuk pramuka kapal. Berbagai macam pilihan hiburan tersedia di dalam pesawat. Ada juga satu untuk anak-anak. Sebuah restoran juga tersedia. Harga makanan tidak murah untuk kantong backpacker, untungnya kami sudah menyiapkan makanan sebelum menaiki kapal.

Tiba di Sardinia

Sardinia adalah daerah otonomi Italia. Ibu kota provinsi adalah Cagliari. Wilayah ini dibagi menjadi kota-kota besar dan tujuh provinsi: Cagliari, Sassari, Nuoro, Oristano dan Sardinia selatan. Dari segi jumlah penduduk, Sassari merupakan provinsi terbesar kedua setelah Cagliari. Feri saya tiba di Porto Torres pada pukul 8:30 pagi setelah perjalanan sekitar 12 jam. Pelabuhan ini berada di utara Sassari. Dari dermaga, penumpang dibawa dengan minivan ke terminal feri. Teman saya sedang menunggu di terminal feri. Begitu turun dari minivan, saya langsung menuju halte bus.

Seorang teman saya mengatakan Sardinia adalah tujuan wisata bagi para jet setter. Sardinia masuk dalam daftar destinasi bulan madu terpopuler di Italia. Cristiano Ronaldo dan pacarnya pernah menikmati liburan di pulau ini. Mendengar hal itu, saya tergelitik dan bersemangat untuk menjelajahi beberapa pulau. Pantai Sardinia dianggap yang terbaik di dunia. Pantai La Perosa adalah salah satu pantai paling terkenal di dunia. Begitu indahnya, pantai berpasir Sardinia sangat dijaga ketat dan tidak dapat diambil kembali. Wisatawan yang membawanya pulang akan dikenakan denda dan kurungan.

Setelah berbulan-bulan berkeliling Eropa dan Amerika Selatan, saya merindukan pantai. Sassari juga memiliki pantai berpasir putih. Tapi pertama-tama saya ingin membenamkan diri dalam suasana pedesaan Sardinia. Rumah teman saya, yang juga merupakan wisma, ada di San Govanni. Pedesaan terletak di antara kota Porto Torres dan Sassari. Suasana pedesaan khas Eropa sangat kental. banyak padang rumput. Rumah dan bangunan lainnya jauh. Tapi ini sangat khas untuk zaitun dan kebun zaitun. Harus ada pohon zaitun di halaman luas rumah penduduk. Seorang teman saya memiliki pohon zaitun di halaman depan dan belakang. Pemandangan itu langsung membuatku jatuh cinta.

Di hari pertama kami menikmati suasana dan ketenangan. Duduk atau tidur di tempat tidur gantung di antara pohon zaitun. Saya sangat menyukainya sehingga saya terlalu malas untuk pergi ke tempat lain. Meskipun saya diundang ke pusat kota, saya memilih untuk tinggal di rumah. Setelah beberapa hari, saya ingin melihat kota Sassari. Naik bus dari San Giovanni ke pusat kota. Untuk naik bus, Anda harus membeli tiket terlebih dahulu di kios dekat halte bus. Anda harus naik bus dan memvalidasi tiket Anda di mesin yang tersedia. Oleh karena itu, tiket yang dinilai tidak lagi dapat digunakan. Tidak jauh dari rumah teman saya ke pusat kota. Hanya 15 menit dengan mobil.

Objek wisata di Sassari

Sassari adalah salah satu kota tertua di Sardinia. Kota yang kaya akan seni, budaya, dan sejarah, terkenal dengan istana dan arsitektur neoklasiknya yang elegan. Selain museum, seni, budaya, dan sejarah dapat ditemukan di bangunan yang ada seperti istana, gereja, dan taman. Air Mancur Rosello dibangun oleh pengrajin Genoa pada tahun 1606. Air mancur ini dianggap sebagai simbol kota. Terletak di tepi Lembah Rozero di sebelah lingkungan pedesaan. Kemudian, pada tahun 1837, Pemakaman Sassari (Sassari Cemetery) dibuka. Lokasinya berada di pinggiran pusat kota, sebelah barat stasiun kereta api utama.

Meskipun terletak di pusat kota, ia memiliki banyak hal yang ditawarkan. Kami mulai di taman kota Giardini Pubblici. Ada banyak orang di taman. terutama anak sekolah. Sebuah bus berjalan di sebelah taman yang luas ini. Begitu banyak anak sekolah mengobrol sambil menunggu bus. Dari Giardini Pubblici ke Piazza Italia. Alun-alun terbuka abad ke-19 ini adalah alun-alun utama Sassari. Dikelilingi oleh bangunan-bangunan menarik seperti Palazzo Giordano neo-Gothic, Palazzo della Provincia neo-klasik, atau Istana Sassari, kediaman kerajaan kuno House of Savoy.

Lalu ada Teatro Verdi, gedung opera dan teater untuk konser dan drama. Sekali lagi ada Istana Doge atau Palazzo Ducale. Dibangun untuk Duke of Asinara pada abad ke-18 atau antara 1775 dan 1806. Sekarang menjadi balai kota. Palazzo Manca Ugini tidak jauh. Salah satu bangunan Renaissance pertama yang dibangun di Sardinia. Bangunan kuno abad ke-16 ini terletak di Tiger Square. Sekarang rumah perpustakaan umum dan karena itu terbuka untuk umum.

Bagi yang menyukai wisata religi, ada beberapa gereja dan katedral di sini. Salah satunya adalah Katedral St Nicholas. Dibangun pada abad ke-13. Fasad katedral adalah gaya Romawi, tetapi strukturnya juga mencakup elemen desain lain seperti Gotik dan Barok. Di dalamnya ada monumen Duca di Moriana. Menara lonceng adalah gaya Romawi. Corso Vittorio Emanuele juga patut dikunjungi. Ini adalah jalan utama kota abad pertengahan. Bangunan menarik dari periode yang berbeda: Gotik Catalan, biasa disebut House of Re Enzo, Gereja Barok San Andrea yang dibangun oleh komunitas Korsika, Teater Kota Neoklasik atau Teater Kota, Istana Quesada atau Quesada yang dikelilingi oleh Kastil.

Seperti kota-kota kuno lainnya, Sassari dikelilingi oleh benteng. Tembok Pisa atau Tembok Kota Kuno, yang pada abad ke-13 mengelilingi kota dengan 36 menara (sekarang hanya 6) dan kastil Aragon Catalan yang disebut Castello di Sassari. Bangunan itu dihancurkan pada tahun 1877 dan reruntuhannya ditemukan kembali pada tahun 2008, termasuk bagian dari kamar, ruang bawah tanah dan bagian dari menara.

Sassari juga memiliki beberapa museum. Tidak terlalu jauh di kawasan kota tua. Diantaranya adalah Museo Nazionale Sanna, Museo Storico della Brigata Sassari, Museo Ethnografico Francesco Bande dan Museo Sassari Arte (Mus`a) Pinacoteca al Canopoleno. Kami pergi ke Museum Nasional Sanna, tetapi hari itu tutup. Saya tidak tahu mengapa. Datang dari pusat kota, saya ingin pergi ke laut untuk bermain. Bus ke San Giovanni melewati Platamona. Platamona adalah daerah pesisir utara Sassari. Itu menghadap Teluk Asinara antara kota Sorso dan Porto Torres. Perjalanan bus ke Platamona memakan waktu sekitar 15 menit. Saya mampir ke Platamona ketika seorang teman sedang menuju rumah.

Baca Juga : Hotel Kota Teratas Di Kontinental AS Pada Tahun 2020

Sudah cukup larut, tapi matahari masih terik. Karena matahari terbenam sekitar jam 8 malam. Platamona adalah pantai berpasir putih, sebagian bercangkang. Dikelilingi oleh pagar pohon pinus laut dan pohon juniper yang berusia ribuan tahun. Ini adalah rumah bagi Laguna Dunal retro, sempurna untuk mengamati burung dan memancing. Pantai ini sangat cocok untuk berjemur, bermain pasir, dan berenang. Apalagi pengunjungnya tidak terlalu banyak. Rata-rata turis lokal berjemur. Saya satu-satunya turis. Namun, berenang dan berjemur dilarang. Karena aku belum siap untuk pergi ke pantai. Sama sekali tidak ada pakaian renang dan handuk.

Saya sedang duduk santai di atas pasir memandangi lautan biru dan ombak. Suasana tenang menyegarkan otak. Itu baik-baik saja pada awalnya. Tapi terik matahari membuatku tidak bisa bersantai lama-lama di pantai. Saya mencari pohon untuk naungan. Tapi tidak ada apa-apa di pantai. Saya mengambil beberapa gambar dan kemudian pulang. Sardinia, Italia

Pantai Platamona

Sebuah kejadian menarik terjadi ketika saya pergi ke rumah teman saya. Bus yang saya naiki membawa saya ke pusat kota. Begitu sampai di pusat kota, kami naik bus lain ke Platamona. Di Platamona Anda harus menghubungkan bus. Tapi sebenarnya bus ke San Giovanni adalah bus yang sama, jadi tidak perlu turun. Sebagai gantinya, kami turun dari bus dan naik bus lain yang menunggu. Ternyata bus ini juga merupakan jalur menuju pusat kota. Saya akhirnya turun di tengah jalan dan mencari bus ke San Giovanni. Kami harus berjalan kaki dari San Govanni ke boulevard melalui jalur bus. Jalannya berkilo-kilometer. Saya mulai memasak segera setelah saya tiba di rumah teman saya di malam hari. Dia membuat pasta dan saya hanya membantu. Sangat mudah dan memasak dengan cepat. Sambil makan, saya ditanya tentang kesan saya tentang Pantai Platamona. Ketika saya menceritakan apa yang terjadi di bus, dia tertawa terbahak-bahak.

Perjalanan sehari ke Alghero

Hari berikutnya kami pergi ke Alghero. Kota ini masih menjadi bagian dari negara bagian Sassari. Sekitar 30 menit dengan bus dari kota Sassari. Kami membeli tiket kami sehari sebelumnya, jadi mari kita pergi ke sana segera. saya pergi sendiri Perjalanan tidak membosankan dan bus berhenti di sebelah Taman Giardini La Lepanto Cecchini. Dari taman di pusat kota ini, kami berjalan ke Porto di Alghero, tepi laut dan pelabuhan yang telah menjadi pusat wisata. Banyak yacht yang ditambatkan di sini. Seperti turis lainnya, duduk di pantai dan berjemur sebelum menjelajahi kota berpenduduk 45.000 orang ini.

Alghero terletak di pantai barat laut Sardinia, di teluk yang memberi nama kota itu. Utara kota adalah Dataran Nulla, barat laut, Capocaccia, Punta Giglio dan karst Monte Doria. Di selatan dibatasi oleh pegunungan dan dataran tinggi Vilanova Monteleone dan Bosa. Beberapa penduduknya adalah keturunan penakluk Catalan akhir abad pertengahan, ketika Sardinia adalah bagian dari Kerajaan Aragon. Jadi bahasanya masih memiliki beberapa dialek Catalan. Nah, bisa dibilang Alghero adalah cita rasa Italia di Spanyol. Alghero terkenal dengan arsitektur Gotik Catalan, kota tua bertembok, dan pantai yang indah.

Bangunan Gotik Catalan termasuk Katedral Santa Maria Immacolata dan Immaculate Conception dengan menara loncengnya yang mengesankan, Palazzo Guillot, dan Gereja San Francesco abad ke-14. Tembok yang mengelilingi Alghero tidak hanya di darat, tetapi juga di laut. Benteng, dengan beberapa benteng di sudutnya, adalah tempat untuk merenungkan laut dan makan. Ada juga menara kota di beberapa sudut, seperti Torre di Sulis o de Lespero Reial yang terkenal dan Menara San Giovanni.